Cara Menghitung Umur Kandungan Yang Akurat Terbaru

//Cara Menghitung Umur Kandungan Yang Akurat Terbaru

Cara Menghitung Umur Kandungan Yang Akurat Terbaru

cara menghitung umur kandungan

Cara Menghitung Umur Kandungan Yang Akurat

Cara menghitung umur kandungan kehamilan yang akurat sebaiknya harus di ketahui oleh semua kaum wanita terutama mereka ( para ibu hamil ), agar nanti nya ibu hamil bisa merawat dan menjaga kesehatan janin secara maksimal. Seiring berjalannya waktu, cara mengetahui usia kehamilan sudah bisa anda lakukan dengan beberapa macam cara, diantaranya: 1 ) cara menghitung secara manual dengan menggunakan rumus 2) cara menghitung menggunakan perangkat keras/lunak tertentu yang sering di gunakan dalam dunia kedokteran.

Bagi wanita hamil setidaknya mengetahui salah satu cara untuk mengetahui usia janin tersebut, mungkin anda bisa menggunakan cara menghitung usia kehamilan secara manual. Karena cara tersebutlah yang cukup mudah dan tidak memerlukan alat yang rumit seperti dalam dunia kedokteran serta dengan cara tersebut hasilnya cukup akurat.

Cara Menghitung Umur Kandungan Yang Akurat

Kenapa sangat penting mengetahui berapa usia kehamilan bagi wanita hamil? karena dengan mengetahui umur kehamilan, para wanita hamil bisa mempersiapkan segala sesuatunya saat kelahiran dan pasca kelahiran serta wanita hamil tersebut bisa memantau kondisi janin yang berada dalam kandungan.

Berikut saya terangkan sedikit tentang ” cara menghitung umur kandungan ” kehamilan yang akurat menggunakan penghitungan secara manual atau sering di sebut HPHT.

Cara Menghitung Usia Kehamilan Dari HPHT

Cara ini merupakan cara menghitung usia kehamilan secara manual atau dengan penghitungan rumus yang membutuhkan beberapa data termasuk tanggal hari pertama haid terakhir (HPHT).

Untuk dapat menghitung usia kehamilan anda berdasarkan HPHT hanya berlaku pada wanita hamil yang memiliki siklus haid normal dan teratur ( 28-30 hari ) sedangkan untuk wanita hamil ( telat datang bulan ) yang siklus haidnya tidak normal dan teratur mungkin bisa menggunakan cara lain atau langsung bisa konsultasi ke dokter kandungan di dekat tempat tinggal anda. Berdasarkan HPHT cara yang akurat untuk menghitung umur kandungan adalah dengan menggunakan rumus NEAGELE.

Dengan rumus ini dapat mengetahui usia kehamilan dan juga dapat digunakan untuk menghitung hari perkiraan lahr ( HPL ). Penggunaan rumus ini adalah dengan menambahkan 7 pada tanggal pertama dari haid terakhir, kemudian mengurangi bulan dengan 3 dan menambahkan 1 pada tahunnnya, sedangkan untuk bulan yang tidak bisa dikurangi 3, misalnya Januari, Februari, dan Maret, maka bulannya ditambah 9, tapi tahunnya tetap tidak ditambah atau dikurangi.

contoh:
Jika HPHT anda adalah 10 nov 2017, maka:
10 -11 – 17
+     –    +
7     3    1
23 – 8 –  18 (ini tanggal HPL)

Jadi taksiran waktu kelahiran anda adalah tanggal 23 agustus 2018, sedangkan untuk usia kehamilan tinggal menghitungnya setiap tanggal 23, jadi pada saat tgl 23 desember , berarti usia kehamilan anda menginjak satu bulan, 23 januari usia kehamilan 2 bulan …dst.
Untuk Hari Perkiraan Lahir sebaiknya ditambah tenggang waktu plus atau minus 7 hari.

Cara menghitung usia kehamilan dari HPHT memang sangat mudah dilakukan oleh setiap wanita yang tengah hamil. Meskipun tanpa bantuan bidan atau dokter, Anda dapat menghitung usia kehamilan Anda sendiri. Anda dapat menghitung usia kehamilan Anda setiap bulan bahkan Anda dapat memperkirakan hari persalinan Anda kelak. Namun, untuk tanggal perkiraan hari persalinan tidak dapat ditentukan dengan pasti, karena hitungan ini hanyalah perkiraan semata.

Kelebihan Menggunakan HPHT

CARA MENGHITUNG UMUR KANDUNGAN kehamilan dengan menggunakan HPHT memang sangat mudah dilakukan oleh setiap wanita yang tengah hamil. Meskipun tanpa bantuan bidan atau dokter, Anda dapat menghitung usia kehamilan Anda sendiri. Anda dapat menghitung usia kehamilan Anda setiap bulan bahkan Anda dapat memperkirakan hari persalinan Anda kelak. Namun, untuk tanggal perkiraan hari persalinan tidak dapat ditentukan dengan pasti, karena hitungan ini hanyalah perkiraan semata.

Kekurangan Menggunakan HPHT

Cara menghitung usia kehamilan menggunakan HPHT juga memiliki kekurangan bagi seorang wanita yang mengalami haid tidak teratur. Tentunya, terdapat beberapa pula para wanita yang lupa hari pertama haid terakhirnya. Maka, mereka tidak bisa menggunakan metode menghitung usia kehamilan menurut HPHT ini.

Itulah sedikit artikel mengenai cara atau metode yang bisa di lakukan untuk mengetahui usia kehamilan anda. Meskipun Anda dapat menghitung usia kehamilan Anda secara mandiri, akan tetapi kami menyarankan agar Anda menghitung usia kehamilan yang dibantu dengan bidan atau dokter agar perhitungan usia kehamilan Anda lebih akurat. Semoga metode dan cara menghitung umur kandungan secara akurat diatas dapat membantu Anda. Tetap lakukanlan pemeriksaan usia kehamilan Anda secara rutin untuk melihat perkembangan janin Anda. Semoga bermanfaat!

 

Summary
Review Date
Reviewed Item
Cara Menghitung Umur Kandungan
Author Rating
51star1star1star1star1star

Incoming search terms:

  • bagaimana cara menghitung umur kehamilan dari terakhir bulanan apa dari telat nya bulanan